Wisata Kuliner di Kota Ponorogo

kuliner ponorogo
Sumber: wikipedia.org

Nikmatnya Makan Makanan Khas Ponorogo Jawa Timur

Ketika anda mendengar kata ponorogo, apa yang muncul dalam pikiran anda? Sudah pasti REOG ponorogo bukan? Kota ponorogo memang lebih dikenal dengan kesenian legendarisnya yaitu seni tradisional reog. Bahkan kota ini sering kali disebut sebagai kota warog. Warog adalah tokoh dalam kesenian reog. Warog sendiri digambarkan sebagai salah satu tokoh berbaju hitam, kumis tebal, dengan ikat pinggang berupa gulungan benang bulat tebal berwarna putih, mata garang terkesan galak memberi karakter kuat dalam kisah budaya ini.

Namun tahukah anda ponorogo sendiri menyimpan segudang wisata kuliner menarik yang menggoyang lidah dengan rasa unik pedas gurih sebagai ciri khas kota tersebut? Ada juga makanan manis yg cukup terkenal dengan kisahnya yang menarik pun dimiliki kota ini. Mungkin beberapa dari anda malah sudah pernah datang dan mencicipi nikmatnya kuliner kota bujang ganong. 

Penasaran, yuk bacan simak artikel ini di paket wisata karimunjawa ya!

Lima Jenis Makanan Untuk Wisata Kuliner Nikmat Asal Ponorogo

Sate Ponorogo

Sate merupakan makanan yang cukup merakyat dan banyak digemari di Indonesia, bahkan memiliki keanekaragaman rasa sesuai daerah asalnya. Misal sate Madura yang paling banyak kita jumpai diseluruh pelosok n penjuru Indonesia. Dikota kota yang pernah kita datangi banyak pedagang kaki lima dipinggir jalan menjual sate Madura khas bumbu kacang sudah dimasak dalam panci dengan rasa manis gurih serta sambal ulekan cabe yang dipisah.

Ada pula sate Padang yaitu sate daging sapi dengan bumbu kental berwarna putih sedikit kemerahan bercita rasa kuat sesuai koto rendang, yang memiliki pesona tak kalah dari sate Madura.

Bagi anda sate Ponorogo mungkin terkesan sedikit asing, dan hampir jarang sekali kita temui penjualnya diluar kota reog. Tapi jangan salah ketika saya mencoba sate Ponorogo saya langsung jatuh cinta dengan rasanya yang benar benar nikmat. Sate berupa irisan daging ayam mentah dicelupkan ke dalam bumbu cair berwarna coklat berisi gula aren, bawang merah bawang putih, ketumbar dan garam kemudian dibakar dengan bara api kecil menggunakan kipas bamboo besar khas penjual sate dikota bujang ganong. 

Selain itu perbedaan sate Ponorogo dengan sate sate dari daerah lain  di Inonesia terletak pada bumbu sate tersebut. Jika didaerah lain bumbu sate sudah dimasak dalam panci jadi cairan kental, sate ponorogo justru memiliki bumbu berbentuk bubuk kacang halus yang baru akan dicampur dengan air matang ketika sate akan disajikan. Rasa dari bumbu satenya pun berbeda ada rasa segar berasal dari daun jeruk purut, gurih dari garam serta bawang putih dan kacang tanah sangrai dalam wajan tanah liat, manis dari bubuk gula jawa, yummy.

Dikota ini juga ada sebuah gang yang disebut gang sate, terletak ditengah kota reog dimana seluruh penduduk di gang tersebut menawarkan jualan yang sama yaitu sate ponorogo. Dimana gang ini sering dikunjungi wisatawan dari dalam maupun Luar negeri yang berkunjung ke kota ini. Biasanya gang ini sangat ramai pada saat bulan syuro atau muharram bertepatan dengan festival Reog international.

Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo cukup digemari penduduk sekitar terbukti banyaknya mereka berjualan pecel dari subuh sebelum matahari terbit hingga tengah malam, ada saja kita jumpai penjual pecel dijalanan kota ponorogo. Menu sehat campuran berbagai jenis sayur mayur direbus  disajikan bersama nasi putih hangat dan pulen, dengan dressing saus atau sambel kacang bercita rasa pedas. Diatasnya bertabur toping terancam atau sayuran mentah berisi timun cincang, kecambah kacang hijau serta petai china. Tidak lupa tempe kepleh sebagai lauknya. 

Apa itu tempe kepleh? Tempe kepleh adalah mendoan khas kota reog yang dibungkus satuan tipis menggunakan daun pisang maupun daun jati dalam proses fermentasinya. Dilumuri tepung terigu bercampur garam, bawang putih, ketumbar garam, kemudian digoreng setengah matang dan disajikan dalam keadaan panas.

Jenang Mirah

Merupakan oleh oleh legendaris dodol jenang khas kota ponorogo sejak tahun 1955. Pertama kali dibuat oleh seorang wanita tua dari desa jetis ponorogo, bernama mbah Mirah yang berusia 75 tahun.  Meski resep jenang mirah sudah diturunkan kepada anak cucunya mbah mirah, namun kualitasnya tidak berubah dari jaman dahulu hingga sekarang masih sangat terjaga mutu dan rasanya.

Dodol mbah mirah ini juga menembus pasar luar negeri karna cita rasanya yang khas, legit namun tidak lengket sangat cocok disajikan bersama minuman hangat untuk kudapan sore hari dimusim hujan. Satu lagi jenangmirah diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga tetap sehat ya guys.

Dodol jenang mirah berbahan campuran tepung ketan, santan, gula jawa, air, serta sedikit garam, dengan proses masak yang cukup lama sehingga bisa awet karna kadar air dalam dodol tersebut sangat minim.

Sego Tahu

Meskipun namanya sego tahu alias nasi tahu, namun makanan ini disajikan bukan dalam bentuk nasi melainkan ketupat kenyal atau lontong. Dengan lauk tahu putih di goreng setengah matang sebagai andalannya. 

sate ponorogo
sumber: wikipedia.org

Ketupat atau lontong serta tahu dipotong kecil kecil taruh diatas piring, diberi campuran kacang tanah goreng, kelapa serut goreng, bawang goreng, irisan seledri, irisan kol diatasnya dan sedikit kecambah dilumuri sambal kecap diatasnya.

Rasa nikmat manis gurih dalam setiap suapanya bisa kamu dapatkan dengan harga sangat murah rata rata 5000 sampai 10000 rupiah. Pastikan anda mencoba makanan ini ya jika datang ke ponorogo!

Gethuk Golan

Makanan manis berbahan dasar ubi kayu atau singkong rebus yang ditumbuk bersama gula jawa, kelapa parut muda, serta campuran garam ini memang sudah tidak asing lagi diindonesia khususnya pulau jawa.

Gehuk Golan pertama kali dibuat didesa Golan ponorogo, oleh seorang penjual paruh baya, berkat legenda desa Golan dan mirah menjadikan gethuk ini cukup fenomenal berdasar kisah dua desa tersebut, dan tentunya juga berkat rasanya yang lezat, legit kenyal, gurih manis dan lembut khas singkongnya. Apa anda penasaran tentang legenda desa Golan dan desa mirah, pastikan anda mampir kegethuk Golan dan nikmati legitnya gethuk dengan kisah mitos dua desa yang penduduknya tidak boleh bertemu, menikah dan duduk bersama sama ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *